100 Highlights Skandinavien: Alle Ziele, die Sie gesehen haben sollten

100 Highlights Skandinavien: Alle Ziele, die Sie gesehen haben sollten

Sosiologi sebutkan 5 contoh hipotesis sementara​

sebutkan 5 contoh hipotesis sementara​

Berikut beberapa contoh hipotesis.

1. Contoh Hipotesis dalam kasus penelitian hubungan tingkat keaktifan mahasiswa di luar kelas dan IPK

Kita ambil contoh penelitian di Indonesia tentang ”Tingkat keaktifan mahasiswa di luar kelas dan indeks prestasi mahasiswa (IPK)”. Riset seperti ini tentu terdengar luas cakupannya, tapi lumrah dilakukan.

Kita akan melihat apakah mahasiswa yang aktif di luar kelas, misalnya menjadi pengurus organisasi di jurusan, ikut unit kegiatan mahasiswa, atau ikut kepanitiaan kampus memiliki IPK yang lebih tinggi dibanding mereka yang tidak aktif atau cuma belajar di kelas saja.

Seperti apa contoh hipotesis yang bisa dirumuskan? Mudah saja. Sebagai peneliti, kita bisa merumuskan hipotesis sebagai berikut: ”Mahasiswa yang aktif berorganisasi di kampusnya memiliki IPK lebih tinggi ketimbang mahasiswa yang tidak aktif berorganisasi”.

2. Contoh Hipotesis yang berkebalikan dari hipotesis di atas

Perlu digarisbawahi di sini bahwa semua hipotesis yang dirumuskan oleh peneliti disebut dengan hipotesis kerja (Hk). Hipotesis di atas adalah hipotesis kerja. Untuk dapat diuji secara statistik, diperlukan hipotesis pembanding, disebut juga H0 (hipotesis nol).

Apa itu hipotesis pembanding? Hipotesis pembanding adalah hipotesis yang diadakan secara semena-mena untuk membandingkan hipotesis kerja. Hipotesis pembanding ini sebenarnya tidak ada, namun dalam proses penelitian sosial diperlukan karena hipotesis pembanding ini lah yang nantinya diuji.

H0 selalu merupakan formulasi terbalik dari Hk. Melihat kembali Hk yang sudah dipaparkan di atas, maka H0 yang bisa dirumuskan adalah ”tidak ada perbedaan IPK antara mahasiswa yang aktif berorganisasi dengan mahasiswa yang tidak aktif berorganisasi”.

Setelah H0 dirumuskan, maka dilakukan uji hipotesis. Uji hipotesis ini adalah uji hipotesis nol. Pengujan hipotesis merupakan bagian dari proses analisis data penelitian. Jika hasil analisis menunjukkan H0 ditolak, maka Hk diterima.

3. Contoh Hipotesis yang lebih dari satu

H1: Terdapat hubungan yang signifikan antara mahasiswa yang aktif berorganisasi dengan minat menjadi pengurus organisasi tersebut.

H2: Terdapat hubungan yang signifikan antara mahasiswa yang aktif berorganisasi dengan kepemilikan target IPK minimal yang hendak dicapai.

H3: Terdapat hubungan yang signifikan antara mahasiswa yang aktif berorganisasi dengan pekerjaan impian yang ingin diperoleh setelah lulus kuliah.

H4: Terdapat hubungan yang signifikan antara mahasiswa yang aktif berorganisasi dengan target empat tahun kuliah selesai.

Kita bisa menyusun sebanyak mungkin hipotesis yang menjadi asumsi dasar untuk diuji. Jumlah hipotesis tidak terbatas, tetapi harus sesuai dengan rumusan masalah yang hendak kita jawab dalam penelitian kita.

4. Contoh Hipotesis Perbandingan antara dua objek

“Prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT lebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajaran STAD pada kelas VII SMP Negeri 13 Madiun”

5. Contoh hipotesis dalam beberapa bagian ringkas

1. Pernyataan “Jika-Maka”

Contoh:

ü Jika pegawai mengalami tekanan dalam bekerja yang lebih rendah, maka mereka akan memperoleh kepuasan kerja yang lebih tinggi.

2. Hipotesis Non dan Alternatif

Contoh:

ü H0 = Tidak ada pengaruh signifikan kenaikan gaji terhadap kinerja pegawai

ü Ha = Ada pengaruh signifikan kenaikan gaji terhadap kinerja pegawai

3. Hipotesa Directional dan Nondirectional

Contoh:

ü Ada hubungan langsung variabel gaya kepemimpinan dengan ketidakpastian lingkungan bisnis.

[answer.2.content]